Naik Angkot Disertai Jiwa Merdeka

Negara kita ini sudah merdeka. Sudahlah, jangan terlalu serius dengan ketidakmerdekaan kita di sektor yang lain. Itu urusan lainlah. Ini kan soal dunia per-angkot-an he he.

Berkaitan dengan jiwa merdeka itu, terapkanlah ketika kita naik angkot. Ingat loh, naik angkot saat ini, ketika di terminal pada waktu-waktu tertentu, angkotnya ngetem cukup lama. Jadi, kalau kita sedang cepat-cepat, maka tinggalkanlah angkot yang sedang ngetem itu. [Kalau saya sebagai pemilik blog angkot ini kan punya “kepentingan” he he] Berjalanlah beberapa langkah ke depan, lalu naiklah angkot yang dimaksud. Itu kan soal pilihan. Tidak ada yang memaksa kita untuk naik angkot yang berada di terminal.

Angkot yang ngetem itu tidak hanya di terminal. Pengalaman saya ketika naik angkot Buahbatu-Kebonkalapa misalnya, angkot ini banyak berhenti di Jalan Lengkong Besar menjelang Cikawao. Biasalah menunggu penumpang yang turun di angkot-angkot trayek lain.

Kadang, satu-dua angkot ini lebih banyak berhentinya. Padahal angkot trayek yang sama sudah melaju. Dalam kondisi inilah, ada beberapa penumpang yang kesal. Soalnya, penumpang kan butuh waktu yang segera.

Tampak ada beberapa penumpang yang turun. Sopir pun kadang bicara seenaknya, seperti “Kalau mau cepat, naik taksi saja” atau “Kalau mau cepat, naik kereta api saja”.

Wuih, bagi saya, ucapan-ucapan seperti itu dibiarkan berlalu saja. Rileks sajalah, itu kan biasa. Wajar. Kita rileks karena jiwa kita memang merdeka atas pilihan-pilihan yang terjadi. Kalau soal “naik kereta api”, kereta api kan dijadwal juga he he. Masa sopir nggak tahu, he he lagi. Kalau soal “naik taksi”, itu pun bukan persoalan utama. Masih ada angkot-angkot, bahkan trayek yang sama, yang menjadi pilihan kita, bukan? Angkot kan bukan yang “punya” dia saja?! Masih banyak yang berseliweran.

Kita memang punya jiwa merdeka. Kita berhak memilih angkot-angkot yang “nyaman”.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s