Tuntaskan Penasaran Naik Angkot Sukamulya (3): Dari Sukamulya ke Sarijadi Lewat Jalan Sukagalih/Cipedes Tengah/Sutami

Tampaknya sudah cukup lama saya tidak menulis kelanjutan cerita pengalaman naik angkot Sukamulya. Kali ini, saya mencoba menulis kelanjutannya. Sebutlah edisi ke-3 dari empat edisi yang direncanakan.

Sebagaimana telah dituliskan pada dua edisi sebelumnya, angkot ini dikenal sebagai angkot Sukamulya karena di kaca depan terdapat tulisan “Sukamulya”. Angkotnya berwarna hijau muda (seperti pada stabilo) dan hijau tua/gelap (seperti hijau tentara).

Dugaan saya untuk membedakan trayek angkot Sukamulya antara hijau muda dan hijau tua ternyata tidak tepat. Semula, saya menduga bahwa angkot Sukamulya berwarna hijau muda akan menggunakan trayek Sarijadi-Gegerkalong (Hilir)/Gegerkalong (Hilir)-Sarijadi dan angkot Sukamulya berwarna hijau tua akan menggunakan trayek Sarijadi-Sukamulya/Sukamulya-Sarijadi. Namun, ternyata dugaan saya tidak tepat. Kedua warna angkot untuk angkot Sukamulya itu tergantung pada “kemauan” sopir. Karenanya, sebelum naik angkot Sukamulya ini, kita harus bertanya lebih dahulu ke mana angkot akan menuju, terutama bagi calon penumpang yang berada di kawasan Setrasari Mall dan Sarijadi. Sebagai catatan, tulisan trayek Sarijadi-Gegerkalong (Hilir)/Gegerkalong (Hilir)-Sarijadi dan Sarijadi-Sukamulya/Sukamulya-Sarijadi ini hanya merupakan tulisan saya saja karena di angkotnya memang tidak ada tulisan seperti itu. Sebutlah hal ini sebagai penjelasan dari saya.

Kamis, 10 Mei 2012, siang tadi, setelah berkeliling di kawasan Jalan Sukamulya, saya mencoba naik angkot Sukamulya. Terminal atau lebih tepatnya pangkalan angkot Sukamulya ini berada di Jalan PDAM, tepatnya di ujung Jalan PDAM. Nah, ujung Jalan PDAM ini bertemu dengan Jalan Sukamulya. Sementara ujung Jalan Sukamulya sendiri bertemu dengan Jalan Dr. Djundjunan. Saya tidak tahu berapa meter jarak dari Jalan Dr. Djundjunan sampai Jalan PDAM. Namun, kalau mau berjalan kaki, perjalanannya tidak lebih dari satu menit. Malah, cukup 30 detik saja.

Angkot Sukamulya yang saya naiki mulai berangkat dari Terminal/Pangkalan angkot Sukamulya yang berada di Jalan PDAM pada pukul 13.53 WIB. Saat itu, ada 6 penumpang, belum termasuk sopir. Tampak pula dua angkot Sukamulya sedang menunggu giliran. Di Jalan PDAM ini, angkot Sukamulya berjalan 10 meter karena terminal/pangkalan angkotnya memang berada di Jalan PDAM. Lalu, angkot Sukamulya belok kiri dan melintasi Jalan Sukamulya meskipun hanya 20-30 meter karena angkot Sukamulya ini belok kanan ke Jalan Sukagalih. Sampai Jalan Sukagalih inilah angkot Sederhana-Cimindi/Cimindi-Sederhana akan melintas bersama karena perjalanannya akan lurus ke Jalan Sukagalih hingga Jalan Sukajadi dan Pasar Sederhana. Sementara, sebelumnya, Jalan Sukagalih ini akan bertemu dengan Jalan Cipedes Tengah (kiri) dan Jalan Cipedes Selatan (kanan). Nah, Jalan Cipedes Selatan ini akan berujung di Jalan Dr. Djundjunan.

Tentu saja, angkot Sukamulya ini berjalan melintasi Jalan Cipedes Tengah. Tampak Lapangan Abra (kanan) dilewati. Di Jalan Cipedes Tengah ini ada dua angkot Sukamulya yang menuju Sukamulya berpapasan. Akhirnya, angkot Sukamulya ini tiba juga di ujung Jalan Cipedes Tengah. Salah satu tempat pentingnya yaitu Dinas Sosial Kota Bandung (dahulu Kantor Wilayah Bojonagara) yang berada di Jalan Sindang Sirna. Jika dilihat dari arah mata angin, Jalan Cipedes Tengah ini berada di sebelah selatan, Jalan Sutami (barat), Jalan Cipedes (utara), dan Jalan Sindang Sirna (timur).

Di ujung Jalan Cipedes Tengah ini, angkot Sukamulya yang saya naiki belok kiri ke Jalan Sutami, Jalan Surya Sumantri, Jalan Lemah Neundeut, dan Jalan Sarirasa (Sarijadi). Saya pun mengakhiri perjalanan ini pada pukul 14.18 WIB dengan ongkos Rp 2.000,- (dua ribu rupiah) dan angkot Sukamulya ini berangkat kembali.

Rute Angkot Sukamulya Trayek Sukamulya-Sarijadi:

TERMINAL SUKAMULYA (di Jalan PDAM) => Jalan PDAM => Jalan Sukamulya => Jalan Sukagalih => Jalan Cipedes Tengah => Jalan Sutami => Jalan Surya Sumantri => Jalan Lemah Neundeut => Jalan Sarirasa (Sarijadi) => TERMINAL SARIJADI khusus untuk angkot Sukamulya (di Jalan Sarirasa dan Jalan Terusan Sutami).

Tuntaskan Penasaran Naik Angkot Sukamulya (1): Dari Sarijadi-Gegerkalong (Hilir) Lewat Jalan Sutami/Sukahaji (1 April 2012)

Tuntaskan Penasaran Naik Angkot Sukamulya (2): Dari Gegerkalong (Hilir)-Sarijadi Lewat Jalan Sukahaji/Sutami (1 April 2012)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s