Ke Parongpong Naik Angkot Ledeng-Parongpong

Sabtu, 10 Maret 2012. Siang itu saya bersiap untuk naik angkutan kota (angkot) trayek Ledeng-Parongpong. Angkot trayek Ledeng-Parongpong ini berwarna putih polet biru tua dan hijau. Angkot trayek ini memang ada nama “Ledeng”-nya. Namun, anda jangan terkecoh dengan nama “Ledeng” ini. Maksudnya, Ledeng di sini bukanlah berawal dari Terminal Ledeng, tetapi berawal di Jalan Sersan Bajuri. Ya, terminal untuk angkot Ledeng-Parongpong memang berada di Jalan Sersan Bajuri. Lokasi ini terletak lebih kurang 50 meter dari Terminal Ledeng yang berada di Jalan Dr. Setiabudhi. Jadi, kalau mau digambarkan, ujung Jalan Sersan Bajuri tersebut bertemu dengan Jalan Dr. Setiabudhi dimana lokasi pertemuan jalan tersebut terdapat Terminal Ledeng yang berada di seberangnya. (Berbicara tentang nama “Ledeng” pada angkot Ledeng-Parongpong ini mengingatkan saya pada angkot Ledeng-Cimahi. Ternyata, nama “Ledeng” pada angkot yang satu ini berada di Jalan Gegerkalong Hilir. Nah, ujung Jalan Gegerkalong Hilir ini bertemu dengan Jalan Dr. Setiabudhi. Kalau berbicara jarak dari Terminal Ledeng yang berada di Jalan Dr. Setiabudhi, jika ke lokasi angkot Ledeng-Parongpong berjarak lebih kurang 50 meter maka ke lokasi angkot Ledeng-Cimahi ini berjarak lebih kurang 2-3 kilometer.)

Kembali ke angkot Ledeng-Parongpong. Karena letaknya berada di Jalan Sersan Bajuri, saya pun harus berjalan kaki dahulu lebih kurang 50 meter. Setelah itu, barulah saya naik angkot Ledeng-Parongpong. Tampaknya, angkot ini harus penuh dahulu. Tepat pada pukul 13.07 WIB, angkot ini mulai berangkat dengan 14-15 penumpang sesuai kapasitas angkot.

Lokasi-lokasi penting yang sempat saya catat yaitu Pondok Hijau Indah (sebelah kiri) pada pukul 13.10 WIB, Kampung Gajah (kiri) pukul 13.18 WIB, Jembatan Goyang (kanan) pukul 13.19 WIB, Graha Puspa (kanan) pukul 13.20 WIB, Vila Triniti (kiri) pukul 13.21 WIB, Kantor Kepala Desa Cihideung Kecamatan Parongpong (kanan) pukul 13.23, dan bertemu Jalan (Desa) Karyawangi (kiri) pukul 13.25 WIB. Angkot Ledeng-Parongpong yang saya naiki ini tiba di Terminal Parongpong yang berada di Jalan Kolonel Masturi (tepatnya di dekat pintu gerbang Vila Istana Bunga) pada pukul 13.29. Setiba di Terminal Parongpong, saya pun menyerahkan uang Rp 10.000,- (Sepuluh Ribu Rupiah) dan Pak Sopir memberikan uang kembalian Rp 6.500,- (Enam Ribu Lima Ratus Rupiah) sehingga ongkos angkot Ledeng-Parongpong ini yaitu Rp 3.500,- (Tiga Ribu Lima Ratus Rupiah).

Rute Angkot Trayek Ledeng-Parongpong yang Menuju Parongpong:

Terminal Ledeng (di Jalan Sersan Bajuri) => Jalan Sersan Bajuri => Jalan Terusan Sersan Bajuri => Jalan Cigugur Girang => Jalan Kolonel Masturi => Terminal Parongpong (di Jalan Kolonel Masturi).

Iklan

One Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s